Selasa, 02 Agustus 2011

Fungsi Gambar Sebagi Bahasa Rekayasa

Gambar Sebagai Bahasa Rekayasa

Gambar merupakan sebuah alat untuk menyatakan maksud dari seseorang designer. Oleh karena itu gambar sering disebut sebagai bahasa rekayasa.
Keterangan dalam gambar yang tidak dapat dinyatakan dalam bahasa, diekspresikan sebagai lambang-lambang. Kuantitas dan kualitas gambar tergantung perancang gambar (design drafter). Bagi pembaca gambar diperlukan data/keterangan yang dapat dibaca dengan teliti dari gambar.

Fungsi Gambar

Fungsi gambar dapat digolongkan menjadi 3 golongan yaitu:

1. Penyampaian Informasi

Gambar berfungsi meneruskan maksud dari perancang dengan tepat antara lain kepada orang-orang yang terlibat perancangan proses, pembuatan, dan perakitan. Penafsiran gambar diperlukan untuk penentuan secara obyektif diperlukan standar-standar sebagai bahasa rekayasa dengan ketentuan-ketentuan yang cukup.

2. Pengawetan Penyimpanan & Penggunaan Keterangan

Gambar merupakan data rekayasa yang handal dengan teknologi dari perusahaan yang dikumpulkan kemudian dipadatkan. Gambar sebagai dokumen yang diawetkan, juga dapat disimpan dan digunakan sebagai bahan informasi rancangan baru di kemudian hari. Untuk keperluan tersebut diperlukan cara-cara antara lain penyimpanan dan pengkodean. Ruang penyimpanan gambar yang luas dapat diatasi dengan bentuk dokumen mikro film.

3. Cara-cara Pemikiran Dalam Penyiapan Informasi

Dalam perencanaan, konsep abstrak yang terlintas dalam pikiran diwujudkan dalam bentuk gambar melalui proses konsep abstrak, cari informasi, usul gagasan dan perwujudan gambar. Proses ini berulang-ulang sehingga terwujud gambar yang lebih sempurna. Selain gambar dapat diekspresikan dalam bentuk lukisan, juga dapat berfungsi meningkatkan daya pikir bagi designer. Oleh karena itu seseorang sarjana teknik dituntut mempunyai kemampuan menggambar agar dapat menyampaikan keinginan dan memberikan penjelasan.

Pengembangan Standar dan Keadaan Rekayasa

Pada awal industri, designer dan pelaksana dilakukan oleh satu orang. Gambar hanya berfungsi sebagai alat berfikir dan konsep, oleh karena itu aturan-aturan gambar kurang diperlukan. Bila designer dan pelaksana dilakukan oleh lebih dari satu orang yang ada kaitannya maka fungsi gambar bertambah sebagai penyampaian informasi. Gambar-gambar yang digunakan adalah gambar dari sistem grup atau gambar sistem individual. Standar gambar ditetapkan sebagai standar perusahaan yang berlaku umum dalam perusahaan. Susunan bagian, petunjuk-petunjuk hendaklah lebih cermat karena digunakan sebagai pegangan pekerja.

Fungsi dan sifat gambar sebagai Bahasa Rekayasa bagi pemakai gambar ditunjukkan pada bagan berikut ini:

Perencana (ahli gambar) Perancang proses (pembuat cetakkan, perancang alat, perancang bahan) Pembuat (pekerja, pekerja sambilan, subkontraktor) Peneliti (produk dari perusahaan sendiri, produk dari luar) Pelaksana.


Baca Juga:
Sifat-sifat Gambar

Related Post:

2 komentar:

Dinar Azadin Anhar mengatakan...

wah nice artikel kk, snagat bermanfaat bagi saya yg ngambil jurusan Multimedia :D

Drafter Inside mengatakan...

@Dinar Azadin Anhar: jelas2 ga nyambung gan. hehehe

Posting Komentar

 
View in mobile | Auto Ping